Gunung es telah dikenal untuk ukuran besar dan bentuk yang menakjubkan namun beberapa jarang mendapatkan garis-garis mereka dengan, baik, olah raga garis-garis spektakuler! Ini pemilihan bergaris, lurik bergaris dan pegunungan salju pelayaran menunjukkan bahwa ada banyak yang bisa diperoleh dengan membekukan antara baris.

Big Rock Candy Mountains

Tidak persis jarang tetapi lebih jarang daripada tidak, gunung es bergaris hanya baru-baru ini tertangkap mata publik. Sebuah ekspedisi Antartika penelitian terbaru menemukan beberapa gunung es jelas pola di Samudra Selatan dingin, difoto untuk generasi oleh pelaut Norwegia Øyvind Tangen. Garis mengalir di 150ft panjang dengan 30ft gumpalan es yg terapung tinggi di atas telah dicatat oleh Tangen sekitar 1.700 kilometer di selatan Cape Town, Afrika Selatan, dan 660 mil sebelah utara benua Antartika. Tangen berkomentar, “Ini mengingatkan saya pada permen bergaris saya membeli sebagai anak.” Untuk yang kami menjawab, “Bah, bohong!”
Humongous Humbugs


Humbugs adalah jenis keras, permen mint asal Inggris yang biasanya jelas atau putih dengan garis-garis coklat-coklat – seperti gunung es eye-catching di atas. Warna, gelap bersahaja dari garis-garis yang dibentuk baik oleh debu ditiup atau abu vulkanik jatuh ke gletser asal gunung yang kemudian ditutup oleh salju baru, atau oleh sedimen dan puing-puing menempel ke gletser atau bawah gunung es yang menjadi tertutup oleh salju baru atau es. Seperti gunung es mencair, sering berputar untuk mengekspos kontras lapisan es dan kotoran di sudut yang tidak biasa.

Bluelined Bergs

Sedikit lebih banyak meskipun hanya sebagai luar biasa adalah gunung es biru bergaris. Sementara es baru biasanya terlihat putih karena efek dari beraneka ragam gelembung udara mikroskopik, garis-garis biru es disebabkan oleh air tawar yang mengisi celah-celah es, kemudian membeku sangat cepat. Sebenarnya cukup transparan, es tampak biru karena cahaya dari ujung biru spektrum tercermin saat lampu merah diserap. The “bar code” gunung di kiri atas adalah sangat aneh karena olahraga merata ditandai striations pada hanya setengah dari daerah terlihat nya.

Hanya untuk catatan, tidak semua gunung es belang berasal di perairan Antartika. The berg halus jelaskan di atas terlihat di samudera Atlantik Utara Cape St Francis Light, Newfoundland.

Di atas adalah gunung lain bar-code, ditangkap dekat dan pribadi karena menunggu untuk memulai perjalanan panjang utara dari perairan dingin kutub selatan ke ratusan kematian berair mil utara. Satu penjelasan yang mungkin untuk striping biru biasa adalah bahwa mereka mencerminkan perbedaan musiman di hujan salju dan suhu – berlaku, gunung es bergaris seperti ini pohon ditebang agak seperti cincin yang mencatat pertumbuhan melalui perubahan musim. Sifat fana gunung es bergaris (dan semua gunung es, sebenarnya) hanya menambah keindahannya.

Icebergs Go Green

Jadi yang disebut “gunung es batu giok” juga terbentuk dari sangat tua atau sebaliknya es gelembung-bebas yang mengambil sebuah zamrud indah atau cor hijau giok. Tidak seperti es biru yang terbentuk dari air lelehan beku relatif murni, hasil es hijau ketika air laut yang membeku dalam retakan bawah rak es. Pada kesempatan langka ketika sebuah gunung es calved flips atas, pita hijau yang terungkap menyebabkan bergs ini mirip permen spearmint raksasa.

Di atas adalah beberapa bergaris giok indah gunung es difoto oleh Steve Nicol, pemimpin Australia Divisi Antartika Samudra Selatan Ekosistem Program. Selama 20 tahun terakhir, “gunung-meister” Nicol telah membuat delapan perjalanan penelitian ke laut gunung-bertatahkan off Antartika Timur dan dunia yang lebih luas adalah hak istimewa untuk berbagi dalam beberapa keajaiban dia menyaksikan.

Embryonic Striped Bergs

es glasial yang mengalami banyak freeze siklus mencairkan / diperparah dengan menghancurkan tekanan dari atasnya es cenderung menjadi lebih transparan dan, pada saat yang sama, penuh dengan retak dan patah. “Gelombang pasang beku” di atas pada akhirnya akan mencapai laut dan gunung es memperanakkan giok bergaris untuk mengobati mata pelayar Antartika masa depan dan pengunjung. Untuk saat ini, kita bisa berterima kasih kepada ilmuwan Tony Travouillon untuk menangkap “gelombang” sebelum crash. Surf’s up!

Stripes & Solids

Ini berg bergaris ini kokoh terkunci di dalam es laut selama musim dingin Antartika panjang. Apakah itu akan dilepaskan ke Samudra Selatan musim panas berikut atau tetap harfiah beku di tempat selama satu dekade, tahun atau abad merupakan fungsi dari arus angin, dan suhu. Gambar bawah gunung-lahan terkunci di atas menambahkan dalam unsur manusia dari Divisi Antartika Australia dan traktor kuning terang mereka Hagg snowcat.

The bergs dipukuli di atas berasal dari perairan Kanada dingin antara Pulau Ellesmere dan Greenland, dan jauh lebih buruk untuk dipakai setelah tabrakan dengan gunung es lain yang tak terhitung di Selat Nares sempit. Satu di atas adalah hamparan virtual jenis garis dengan lebar diagonal biru akibat dari penuh-dalam jurang dan garis-garis coklat tipis mungkin karena debu tertiup & puing-puing yang kemudian salju turun dari atas.

Stripe Up The Bands!

Tampak seperti raksasa “Aggie” kelereng, gunung es ini berusia memiliki garis mereka sekali linier memutar dan berkerut ke dalam kurva grafiti-esque. Pasukan tak terhitung yang menyebabkan es padat mengalir seperti sungai juga dapat menekuk dan melipat ribuan tahun senilai akumulasi es seperti dempul konyol.

Icebergs Out Of Line

Kadang-kadang semua penjelasan di dunia hanya tampaknya jatuh pendek dan Anda hanya perlu duduk kembali, menarik napas dalam-dalam dan berkata “wow … hanya wow.” Bukan berarti ini adalah hal yang buruk – seperti gunung es, kita semua harus dingin setiap keluar sekali-sekali.